Call nowWhatsApp

Kontraktor Booth Pameran Jakarta

Apakah anda sedang mencari Kontraktor booth pameran di daerah Jakarta? ya hubungi saja kami di nomor 081212114431, kami siap membantu keperluan anda untuk membuat booth pameran, untuk harga booth pameran sendiri tergantung dari volume dan desain yang anda inginkan

Dalam merancang booth pameran yang menarik ada beberapa unsur yang harus diperhatikan. Mengapa unsur-unsur tersebut penting untuk dilakukan dikarenakan perusahaan yang memiliki stand di sebuah pameran rata-rata memerlukan waktu 3 detik untuk menarik minat pengunjung melalui tampilan visual booth mereka.

Oleh karena itu, perusahaan harus memanfaatkan dengan baik waktu 3 detik tersebut untuk mengkomunikasikan pesan brand utama mereka kepada pengunjung pameran agar mereka terpikat dan datang mengunjungi booth. Hal ini dapat ditempuh dengan penggunaan stand yang menarik perhatian.

Untuk itu pada artikel ini akan dijelaskan mengenai beberapa tips desain yang dapat diaplikasikan pada stand pameran agar terlihat lebih menarik, sehingga waktu 3 detik untuk konsumen tersebut dapat berlangsung selamanya.

1. Komposisi

Yang dimaksud dengan komposisi di sini adalah kesatuan antara bentuk, warna, gambar dan teks agar membentuk tampilan dan rasa yang kohesif. Beberapa cara yang dapat ditempuh untuk mendapatkan komposisi terbaik dalam stand pameran adalah :

a. Penataan sesuai hirarki
Penataan elemen visual menurut hirarki berarti mengelompokkan elemen grafis menurut tingkat kepentingannya sesuai ukuran dan kejelasan. Seperti misalnya logo perusahaan yang penting, diharuskan memiliki ukuran lebih besar dibanding elemen pelengkap lainnya.

b. Konsep kontras
Kontras dapat ditempuh dengan penggunaan warna kontras maupun jenis huruf yang kontras. Warna yang kontrs dapat menggunakan jenis warna berbeda di dalam lingkaran warna (hue) maupun tingkat gelap-terang yang berbeda jauh. Sedangkan untuk tulisan, arah dapat disesuaikan yakni dari kiri ke kanan, sehingga informasi yang tertulis dapat memudahkan alur perhatian pengunjung.

c. Point of Interest
Setiap bentuk desain pasti memiliki titik penting (focal point) untuk menarik perhatian. Elemen yang menarik perhatian di sini dapat berupa logo, mock up produk dalam ukuran yang berbeda sebagai dekorasi ataupun elemen desain lain yang dapat membuat pengunjung tertarik dengan produk yang Anda tawarkan.

2. Penggunaan Warna

Warna adalah detail yang paling penting pada sebuah stand pameran, karena warna memiliki kemampuan untuk membentuk suasana atau mood ruang. Perpaduan warna haruslah menarik, enak dipandang dan eye catching. Meskipun warna harus konsisten dengan dengan keseluruhan desain stand, namun warna tersebut tetap harus membuat stand penjualan menjadi lebih menonjol dan memiliki harmoni. Yang dimaksud harmoni di sini adalah penataan warna yang menarik untuk membentuk prospek dan ketertiban visual pada stand.

Aplikasi warna yang terlalu norak usahakan untuk tidak diaplikasikan pada elemen yang memerlukan jarak pandang yang dekat pengamatannya. Warna ini dapat digunakan untuk elemen yang membutuhkan jarak pandang jauh dan ditujukan untuk menarik konsumen dari jauh. Hindari juga warna yang terlalu beragam, karena desain tidak hanya tertuju pada warna tapi juga kesatuan warna dengan elemen desain lain seperti tulisan, grafis dan bentuk.

3. Posisi Elemen Grafis

Ukuran, keterbacaan dan tujuan perletakkan elemen grafis, baik gambar maupun tulisan, adalah faktor yang harus dipertimbangkan dalam meletakkan elemen grafis dalam stand. Kategori grafis dapat dibagi menjadi 3 bagian untuk memudahkan desain dan tata letaknya di dalam sebuah stand pameran.

a. Grafis utama jarak jauh yang terletak di stand harus dapat terbaca pada jarak kurang lebih 30 meter. Grafik utama ini dapat berupa logo perusahaan, tulisan merk produk atau gambar dari produk utama yang perusahaan Anda tawarkan.

b. Grafik utama yang digunakan untuk stand jenis peninsula exhibits atau island exhibits dapat diletakkan di atas menara gantung atau papan gantung.

c. Untuk pameran in-line (inline exhibits), grafis dapat diletakkan di bagian atas kanopi, di bagian dinding belakang dan harus ditampilkan dengan ketinggian maksimum yang diijinkan oleh pihak penyelenggara.

4. Timbulkan Rasa Penasaran pada Konsumen

Seiring dengan perkembangan teknologi, kemungkinan untuk menarik perhatian pengunjung melalui inovasi grafis maupun teknologi memungkinkan untuk ditambahknan.

Manusia adalah makhluk visual, untuk itu kecanggihan fitur audio visual seperti penggunaan layar sentuh maupun layar plasma interaktif dapat digunakan di stand pameran Anda. selain itu untuk data penting bisnis Anda, anda juga dapat menggunakan chart, grafik, infografis maupun ilustrasi yang dapat menyederhanakan gagasan kompleks.

Citra grafis yang dapat diterapkan pada stand penjualan antara lain adalah :
a. Gambar atau tulisan tebal dengan latar belakang yang sederhana dapat membuat visual tampak lebih jelas dan memudahkan pencapaian pesan
b. Gunakan gambar yang memiliki resolusi tinggi
c. Gunakan gambar orang yang berkegiatan, jangan terlalu banyak menggunakan gambar pemandangan
d. Gunakan musik atau suara yang dapat menarik dan membuat nyaman pengunjung, namun jangan terlalu bising.

5. Branding

Perusahaan yang mengikuti pameran dagang, sangat penting untuk memamerkan karakter merk Anda. karakter dan kepribadian merk ini dapat dianalogikan seperti karakter manusia yang memiliki kejujuran, keadilan, keramahan, integritas dan komitmen kepada para pelanggan.

Pada saat perencanaan persiapan pameran, tentukan sasaran demografi konsumen dan kelebihan merk perusahaan yang dapat ditawarkan kepada pengunjung. Dengan begitu Anda dapat menentukan konsep visual booth pameran Anda sebagai pengikat dan sarana komunikasi kepada konsumen perusahaan.

Saat merencanakan konsep merk (branding) dan visualisasi stand, Anda dapat menggunakan beberapa contoh pertanyaan berikut ;
a. Apakah merk Anda termasuk merk feminine, maskulin atau untuk semua gender?
b. Siapakah sasaran konsumen Anda? Tua, muda, remaja atau anak?
c. Apakah perusahaan Anda merupakan industri modern atau tradisional?
d. Apakah merk Anda merupakan produk formal atau produk entertain? , dan sebagainya.

Beberapa pertanyaan tersebut akan menggiring Anda untuk menentukan konsep visual stand mulai dari penggunaan warna, font tulisan, bentuk yang dominan, elemen tambahan hingga pencahayaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Full Service Design Booth, Pembangunan dan Perawatan

jika kamu dapat memilih booth pameran dengan service nomer 1 kenapa harus memilih yang lain ?
OUR SUPPORTED CLIENT:



Copyright © 2018. All right reserved - Manara.id