Call nowWhatsApp

Kenali Jenis Booth Pameran yang Cocok untuk Perusahaan & Organisasi Anda

Booth pameran atau stand merupakan tempat yang digunakan promosi oleh perusahaan, lembaga hingga organisasi dalam sebuah pameran baik itu show, exhibition, pekan raya, expo, fair, bazaar hingga pasar murah.

Secara fisik, booth pameran adalah sebuah rancang bangun sebagai representasi dari pemilik (perusahaan, lembaga, organisasi, dan sebagainya) dan berfungsi sebagai garda depan marketing. Dengan menggunakan booth, maka proses marketing yang terjadi adalah direct selling (penjualan langsung) baik itu barang maupun jasa.

Booth dalam sebuah pameran berfungsi sebagai tempat promosi untuk menarik konsumen dan menjadi penghubung kegiatan penjual dan pembeli.

Untuk itu dari segi desain, harus diupayakan agar bagaimana booth atau stand tampak atraktif serta membuat konsumen penasaran dan tertarik untuk mengunjungi.

Kontraktor pameran merupakan salah satu alternatif bagi pemilik perusahaan yang ingin membangun booth dengan desain menarik dalam ajang promosi di sebuah event atau pameran.

Standar ukuran luas booth atau stand ada bermacam-macam mulai dari 2 meter persegi sampai dengan 1000 meter persegi bahkan lebih.Pemilihan ukuran luas booth atau stand pameran ada berbagai macam faktor, tergantung dari kebutuhan dan aktifitas yang akan terjadi didalamnya (untuk lebih jelasnya Anda bisa baca di 3 Langkah Persiapan Sebelum Merancang Booth atau Stand Pameran yang Sukses).

Untuk Anda pemiliki perusahaan, lembaga atau organisasi yang ingin menggunakan jasa kontraktor pameran, ada baiknya Anda perlu mengenal beberapa jenis booth atau stand. Dengan begitu Anda dapat memilah dan memilih booth atau stand seperti apa yang paling cocok mewakili perusahaan Anda. Berikut ini adalah klasifikasi booth berdasarkan tampilan, bukaan, struktur rangkaian dan desain konstruksi yang digunakan.

1. Jenis booth pameran menurut tampilan :

a. Booth 2D (banner)
Booth atau stand 2D pada umumnya hanya menggunakan banner atau backdrop, tidak ada ukuran ruang yang terdiri dari panjang, lebar dan tinggi. Banner yang digunakan dapat berupa spanduk luar, standing X banner, stand banner yang dapat ditarik, dan sebagainya.

b. Booth 3D
Hampir semua booth atau stand yang ada di pameran atau event tertentu adalah stand 3 dimensi. Stand ini memiliki dimensi panjang, lebar dan tinggi yang membentuk ruang. Untuk membentuk booth atau stand 3D komponen minimal yang digunakan adalah backdrop, meja konter dan penutup lantai dengan ukuran tertentu.

c. Stage booth
Stage booth merupakan booth yang dilengkapi dengan panggung dengan ketinggian beberapa level lebih tinggi dari ketinggian lantai, minimal 2 tingkat anak tangga. Panggung atau level yang digunakan dapat berukuran mini maupun besar. Panggung atau level ini dapat berfungsi sebagai tempat aktivitas promosi maupun hiburan untuk menarik konsumen. Biasanya Stage booth ini dilengkapi dengan komponen-komponen lainnya seperti backdrop, wing dan tenda penutup tergantung dari kebutuhannya.

2. Jenis booth pameran menurut bukaan

Jenis booth atau stand pameran secara garis besar dibagi 4 jenis yaitu in-line booth, peninsula booth, corner booth dan island booth. Stand in-line dibatasi oleh 3 partisi di sebelah kanan, kiri dan belakang dengan satu sisi terbuka. peninsula booth merupakan booth atau stand dengan 3 sisi terbuka. Sedangkan stand pojok atau corner booth hanya dibatasi di 2 sisi dengan dua sisi terbuka, seperti namanya booth ini biasa terletak di pojok deretan stand. Untuk model stand island booth, partisi terletak di tengah dengan 4 sisi terbuka.

3. Jenis booth pameran menurut struktur rangkaian, bahan dan desain

a. Stand bongkar pasang khusus (knockdown booth)
Knockdown booth atau yang lebih dikenal dengan stand bongkar pasang merupakan booth yang dapat dipakai berulang kali karena dapat disimpan kembali setelah digunakan. Booth jenis ini memiliki elemen desain tetap seperti misalnya rak, meja konter, knockdown backdrop yang termasuk asset perusahaan dan akan selalu dipakai di setiap acara.

b. Booth partisi
Booth partisi merupakan stand yang dibuat dengan menggunakan rangkaian partisi standar seperti partisi dengan frame (shell scheme R8/Maxima). Sistim partisi standar ini menggunakan sistim knockdown, namun memang diperuntukkan khusus untuk booth dan stand pameran yang bersifat massal. Bentuknya yang sederhana dengan sewa yang terjangkau menjadi salah satu keunggulannya. Namun dengan biaya tambahan kita dapat meng upgrade booth partisi ini dengan model yang lebih menarik.

c. Booth spesial desain
Spesial desain booth merupakan konsep booth yang paling pertama kali digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang mengikuti pameran atau exhibition. Konsep ini merupakan konsep yang paling memenuhi segala kebutuhan peserta suatu pameran atau exhibition. Disebabkan banyak keunggulan keungulan yang didapat dengan menggunakan konsep spesial desain booth.
Sampai saat ini penggunaan konsep spesial desain masih sangat banyak diterapkan oleh perusahaan-perusahan saat mengikuti sebuah pameran atau exhibition. Karena konsep inilah yang paling cocok bagi sebuah perusahaan untuk menarik minat pengunjung atau peserta lain disebuah pameran atau exhibition.

4. Jenis booth menurut desain konstruksi

a. Membran
Membran yang digunakan untuk booth atau stand pameran biasanya dikenal dengan istilah tension fabric display. Konstruksi ini berupa kain besar dan dilengkapi dengan tiang alumunium di kedua sisinya sebagai penyangga. Membran ini umumnya bergambar desain representasi perusahaan dan menjadi latar belakang pada booth sederhana yang dapat dilengkapi lampu di bagian atasnya. Sedangkan ukuran yang digunakan dapat disesuaikan dengan ukuran stand yang Anda miliki.

b. Pop-up
Umumnya pop-up display juga disebut dengan pull-up diplay atau portable display. Hampir sama seperti membran, pop-up juga berfungsi sebagai backdrop pada booth pameran Anda. Tetapi secara grafis, pop-up terdiri dari beberapa panel yang digantung secara vertikal dan kemudian disatukan untuk membentuk grafis yang lebih besar, bukan satu rangkaian utuh.

c. Sistem rangka
Sistem rangka (truss system) umumnya digunakan untuk booth yang berukuran besar dan memungkinkan untuk penggunaan berbagai desain. Sistem ini dibangun dengan menggunakan besi atau aluminium dan memiliki konstruksi yang lebih tahan lama dibanding jenis booth lain. Sistem rangka membutuhkan tahapan desain yang lebih beragam, seperti menyiapkan lantai khusus hingga pemanfaatan elemen desain yang lebih bervariasi seperti misalnya rak. Sistem rangka dapat dimanfaatkan juga sebagai elemen untuk display gantung. Nilai lebih pun juga dapat ditambahkan dengan mengaplikasikan layar besar di antara sistem rangka. Sistem rangka dapat digunakan untuk jenis booth 3D maupun stand panggung (stage booth).

d. Hybrid
Desain konstruksi hybrid merupakan tampilan modern dengan menggunakan sistem fleksibilitas yang mudah digunakan. Sistem hybrid ini didominasi dengan logam, dye cut panel, lampu LED, podium grafis dan dilengkapi dengan meja konter. Pada umumnya desain yang menggunakan model hybrid memiliki dominan garis lengkung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Full Service Design Booth, Pembangunan dan Perawatan

jika kamu dapat memilih booth pameran dengan service nomer 1 kenapa harus memilih yang lain ?
OUR SUPPORTED CLIENT:



Copyright © 2018. All right reserved - Manara.id